Thursday, January 3, 2008

Cek Roller, Yuk!

Gak kerasa sebentar lagi sudah mau setahun saya pake Sliding Roller dari Dr Pulley. Sekilas saya mengingat teman-teman saya yang meragukan "roller persegi" ini. Ada yang bilang gak bagus, ada yang bilang gak awet, ada yg mengklaim merusak variator, dsb. Pendapat-pendapat tadi sebenarnya wajar mengingat teman-teman dan juga saya termasuk awam dengan produk baru. Tapi saya memilih untuk bereksperimen dan saya berani tanggung resikonya. Kita gak akan pernah tau kalo kita nggak nyoba, bukan? ;)

OK. Dari sisi performa, memang nggak 100% karena variatornya masih yang standar. Seandainya ada variator dari Dr Pulley yang memang untuk Vario, pasti performanya jadi jauh lebih optimal. Testimoni dari teman-teman Kymco mengatakan bahwa penggunaan Sliding Roller + Variator set dari Dr Pulley sangat signifikan dalam meningkatkan akselerasi dan re-akselerasi. Bisa aja sih dipasang yang ada sekarang, tapi saya jadi harus ngengkol terus kalo mau starter. Udah gitu boss variatornya harus ngebubut. Terlalu riskan. Jadi ya sudah lah...

Nah! Bagaimana dalam sisi durabilitas? Apakah sesuai dengan janjinya bahwa si roller persegi ini umurnya labih bagus daripada roller konvensional?

Untuk menjawab pertanyaan itu, waktu liburan Idul Adha kemarin saya sempatkan datang ke AHASS langganan saya untuk cek kondisi roller dan segala-galanya. Serius. Segala-galanya. Motor saya ini termasuk gak pernah saya rawat rutin. Pingin tau aja beneran kuat atau nggak nih kalo gak dimanja. (Ah bilang aja males ke bengkel. Hahaha!)

Sambil duduk di ruang tunggu, saya lihat Vario saya sudah naik ke atas pit. Lalu si mekanik ngobrol dulu sama si kepala bengkel. Mungkin konsultasi soal bongkar-bongkar CVT dan izin pemakaian special tools. Maklum, Honda sini mekaniknya masih banyak yang belum mahir soal matic. Dulu Yamaha begini juga gak ya waktu awal-awal muncul Nouvo dan Mio? Tiba-tiba, BRUK!, sebuah buku manual yang besar dan cukup tebal mendarat di paha saya. Ternyata itu buku manual mekanik untuk Vario. Rupanya saya dikasih kesempatan untuk sedikit ngintip-ngintip manual itu. Langsung aja saya bedah kilat bagian CVT, khususnya bagaimana cara bongkar variator.

Aha! Akhirnya saya tau! Selama ini, mekanik kepercayaan saya di Jakarta cuma punya universal holder yang untuk ngebuka kopling. Alat ini bisa juga dipake buat ngebantu buka variator, tapi bukan
model variator yang dipake di Vario. Punya Vario modelnya setipe dengan Piaggio punya, bo. Motor "kacang goreng" aja gaya banget deh. Hahaha! Ternyata saya harus punya universal holder dengan kepala pipih untuk menjepit ujung luar variator yang bergerigi. Wah... saya gak sempat aja nih belanja alatnya ke Kota, padahal cuma 170 ribu aja lho. Selama ini cuma pake cara manual yang sangat tidak dianjurkan untuk Anda yang tidak nekat. Tapi itu di lain pembahasan. Hehehe... Penasaran, penasaran deh. :P

OK. Balik lagi ke cerita di bengkel. Si mekanik tampak hati-hati sekali waktu mau bongkar case CVT-nya. Padahal saya kalo di rumah malah main bongkar aja (tentunya setelah kondisi CVT sudah dingin). Pertama si mekanik mencopot kopling, terus dia copot variator luarnya, drive belt dikeluarkan dari dalam case
, dan terakhir si rumah roller (movable drive face / MDF) keluar dari persemayamannya *halah!*. Kelihatan banget si mekanik gak pengalaman untuk megang matic, tapi saya hargai banget usaha dia untuk dengan sabar ngerjain motor saya sambil terus berkonsultasi dengan buku manual. Sedikit-sedikit saya kasih guide supaya dia nggak terlalu ragu waktu bongkar pasang vario saya.

Inilah saat yang dinanti-nanti! MDF sudah di tangan dan siap untuk dibuka. Dan ternyata... JRENG JRENG!!

Wow! Kotor sekali. Gak pernah dibersihin sih. :P


Saya periksa bentuknya, baru termakan sedikit.


Ini foto dari sisi sebaliknya. Tidak ada keausan yang signifikan.


Ini foto yang lebih dekat lagi. Embosan merek dan spesifikasinya masih bagus lho.


Sorry ya fotonya buram. Pake hape sederhana sih. Gak ada mode macro.


Ini foto dari sisi yang bersinggungan dengan permukaan MDF. Keausannya masih wajar.


Ya, itulah foto-foto amatirnya. Kondisi permukaannya banyak yang kotor, wajar kalo menimbang kondisi jalanan yang saya tempuh dengan motor ini. Saya ambil satu roller dan saya goyang-goyangkan di dekat telinga saya, kondisinya masih sangat solid. Beda sekali dengan kondisi roller original yang baru beberapa bulan dipake tapi sudah koclak dan sedikit peyang. Dari sini saya berkesimpulan bahwa, pendapat-pendapat teman-teman saya seperti yang tertulis di awal artikel ini adalah tidak benar atau mungkin pas kebeneran sedang apes aja.

Setelah merasa lega dengan kondisi roller, maka saya persilakan si mekanik untuk memasang kembali CVT vario saya. Tiba-tiba dia tanya, "Mas Aria, ini rollernya masangnya gimana ya?"

Alamak! Mampus dah gw lupa posisi masangnya yang benar! Akhirnya saya arahkan seingat saya aja. Saya bilang, "Pokoknya yang ada tulisannya itu di sebelah kanan, mas."

Setelah selesai pemasangan, mesin pun di-test. Saya dekatkan kuping saya ke atas mesin (underseat belum dipasang) nggak ada gejala yang aneh. Ada suara kasar, tapi seperti biasanya itu dari kipas radiator. Makanya Vario kalo jalan berisiknya setengah mati. Setelah itu pemasangan dirampungkan dan si mekanik test ride sekenanya, nggak ada masalah. Kita coba dengarkan sekali lagi setelah test ride, nggak ada masalah juga. "Oke lah", pikir saya. Saya pun bergegas pulang karena hari sudah sore dan esok harinya harus ke Bandung bareng sepupu-sepupu.

Alhamdulillah. Akhirnya service juga. Hahaha!

13 comments:

  1. Saya pake Sliding Roller udah 20 ribu kilo di Kymco Trend saya, udah setahun lebih karena termasuk generasi pertama yang pake Sliding Roller dan VAriator dan HitClutch Dr. Pulley...

    Dan sebulan lalu di cek masih mulus banget :D mantapssssss

    ReplyDelete
  2. Mas Aria, met kenal ya. Kira2 untuk beli SR Dr.P tsb dimana ya? Apakah ada serie tertentu utk Vario? Kl bisa tlg direkomendasikan ukuran/serie nya. Makasi ya Mas...

    ReplyDelete
  3. @ kang Pupung:
    Wah! Hebat euy! Sayang ya HC masih misterius. Stock S/R yg di DM udah ditebus? Kalo belum nanti di ambil sama si sayah. Hahaha!

    @ mas Eko:
    Salam kenal juga. Stock Sliding Roller Dr Pulley untuk Vario tinggal 1 set dan sudah dibeli sama kang Pupung. Saat ini belum ada stock lagi. Saya juga jadi terpaksa stock 1 set roller Kymco Trend atau LHK nantinya. Coba aja main2 ke forumnya HVC kalo mau liat2 alternatif peningkatan performa.


    ---

    ada satu fenomena baru, mungkin situasi special case, ditemukan di Vario kakaknya teman saya. roller asli Vario ternyata memakan MDF. sementara Vario teman saya yg pake S/R malah awet2 aja. mudah2an memang special case.

    ReplyDelete
  4. sesuai pengalaman kl pake roller merk LHK, kl dicek stlh 3bulan/5000km, udah keliatan aus dan berwarna hitam, walopun gak keliatan peyang, harga juga beda sih...
    ada uang ada barang...
    he... he... he...

    ReplyDelete
  5. Mas Aria, saya sdh liat2 di forum HVC terutama ttg "Modifikasi performa Vario". Untuk sisi mesin saya belum kepikiran untuk bore-up (daily use), msh pengen ningkatin performa mesin standar dgn memaksimalkan performa CVT. Kalau hunting produk2 Dr.P (S/R, Variator, HitClutch) di Jabodetabek itu kira2 dmn ya? Kebetulan saya tinggal di Bintaro, saya sdh ke Kei Kurnia motor di kesehatan, kebetulan tokonya tutup hanya Yamaha saja yg buka, saya sudah tanya sama yang jaga ktnya mrk gak ada buat Vario :(. Oiya di website Dr.P, yang kompatibel dgn Vario/Click itu motor apa ya Mas Aria? Maaf ya Mas Aria banyak nanya, sebab dari forum HVC dan blog ini Anda lah masternya optimasi CVT. Saya mau buat Vario full Dr.P kalo bisa :D

    ReplyDelete
  6. @ mas benny:
    Salah satu rekan di HVC yang sering terima order bongkar pasang roller di rumahnya, roller peyang itu sering terjadi karena cara pemakaian dari si rider. Menurut beliau, biasanya roller peyang karena si rider membuka gasnya tidak diurut pelan-pelan, tapi langsung dihentak. Mungkin bisa jadi pertimbangan untuk mengubah riding style supaya roller jadi lebih awet. Sebagai bahan pertimbangan, AHASS mengklaim bahwa roller itu bisa tahan hingga 3 tahun. Ya kalo makenya di komplek aja mah bisa kali ya? Hahahahahaha!

    @ mas Eko:
    Sayang sekali belum ada kabar baik soal produk-produk Dr Pulley di Indonesia. Saya bisa coba untuk ngobrol dengan salah seorang teman yang mungkin punya jalur dagang internasional. Tapi saya nggak janji bisa langsung dapat barangnya lho ya. Mengenai Vario full Dr Pulley, sayangnya tidak bisa diaplikasikan. Yang bisa dipakai cuma Sliding Roller dan HiT Clutch saja. Variatornya tidak sama dari segi bentuk dan ukuran bossnya.

    ReplyDelete
  7. Wah terimkasih banyak atas pencerahannya mas Aria, saya tunggu deh kabar soal Dr.P itu.
    Blog nya very inspiring.

    ReplyDelete
  8. mas mau nanya neh....
    saya baru beli Honda Vario CBS sutekno
    pengen ningkatin performa pake SR Dr. PULLEY, di bandung belinya dimana ya?
    http://sinisaja.com/otomotif/mesin/74-drpulley
    kalo di situs ini katanya udah ada kit lengkap untuk vario?apa sudah dicek, kl iya saya akan meluncur kesana
    trims infonya

    ReplyDelete
  9. @ MUHAMMAD:
    dr pulley setau saya TIDAK ADA yang khusus untuk Vario. jadi kalo memang tetap pingin coba, harus berani tanggung resiko sendiri ya. saya sama sekali tidak menyarankan untuk mengakali parts dengan cara membubut, memotong, melubangi, atau apa pun demi terpasangnya parts. berbahaya!

    silakan cek dulu di website aslinya http://www.unionmaterial.com/

    dan dulu almarhum teman saya, opa albert, ngasih tau bahwa banyak juga beredar dr pulley kit tapi barang KW. jadi hati2 sebelum membeli. salah2 bisa celaka di jalan.

    ReplyDelete
  10. masang CVT nya dimana ya? trs mereknya apa?

    ReplyDelete
  11. @ lukas:
    masang CVT di bengkel2 sekarang udah banyak yg bisa koq. kalo soal merek, saya udah ga update lagi. lebih baik konsultasi sama bengkel yang dipercaya aja.

    ReplyDelete
  12. ada yang jual dr pulley ready stock di kaskus kok.. tapi yang untuk vario tinggal satu dan katanya yang jual udah gak mo impor lagi karena terlalu mahal.

    http://www.kaskus.us/showthread.php?t=11458934

    ReplyDelete
  13. coba buka www.dracingpart.com semoga membantu

    ReplyDelete