Wednesday, January 9, 2008

AMSOil 10w-30 part 1

Pada saat saya mulai tulisan ini, Vario saya sudah masuk waktunya ganti oli nih. Terakhir saya masukin Red Line full synthetic 10w-30 sekitar 3 - 4 bulan yang lalu. Tenang, oli yang full synthetic (bukan yang semi atau yg tulisannya synthetic doang) ganti olinya bisa setiap 10.000 km sekali. Saya belinya di Ace Hardware dengan harga banderol l.k. 136 ribu rupiah. Mahal sih, tapi kalo dibandingin dengan ganti oli Flick yang standar Vario dari Honda, saya bisa lumayan ngirit biaya. Coba aja hitung, pake Flick saya harus ganti oli tiap 4000 km atau paling nggak sebulan sekali. Bukan apa-apa, Flick ini masih oli mineral jadi daya tahannya sudah pasti di bawah oli semi synthetic, apalagi dibandingkan dengan oli yg full synthetic. Belum lagi biaya motor naik ke atas pit, tips buat mekanik, duit teh botol, rokok, dsb. Wah... Mahal deh! Sayangnya, terakhir saya coba ke Ace Hardware di ITC Permata Hijau barangnya lagi kosong tuh.

Lalu saya baca tentang AMSOil di blognya mas Tok, si Bebek Sableng. Nah, kalo mau baca soal fakta-fakta AMSOil ini, bacanya di blognya mas Tok atau di blognya mas Ai Zeus aja. Saya mah cukup review pengguna awam aja. Soalnya emang awam sih. Eh, koq jadi ngelantur sih? Back to the article... Terus saya iseng nanya ada nggak yg specnya buat Vario. Ternyata ada! Cuma belinya belum bisa di toko2 karena masih diimpor secara perorangan. Harganya saya dikasih sedikit lebih murah daripada Red Line, tapi harus ngambil sendiri. Gpp lah...

Ternyata si oli ini sudah di-take sama teman saya juga, si kang Ayang, buat Varionya. Saya disuruh suit dulu karena oli dengan spec itu tinggal 1 botol stocknya. Akhirnya kang Ayang dengan berbesar hati mau mengalah karena Varionya baru 450 km. Nuhun pisan, kang! :D Berlanjutlah negosiasi saya ke arah kapan dan di mana saya bisa ambil oli ini. Akhirnya disepakati untuk transaksi cash di hari Senin siang, sekitar jam makan siang.

Hari Senin siang berangkatlah saya menuju lokasi. Perjalanan berangkat kali ini agak perlu perjuangan, soalnya saya pake jaket kulit dan cuaca lagi "mood swing". Sedikit-sedikit gerimis... s
edikit-sedikit gerimis... gerimis koq cuma sedikit? Sisanya PUANAAAAAASSSSS!!! Belum lagi macet dan pengguna jalanan yang "kurang teliti" dalam mengemudi. Biasa lah... Ada motor yang sradak sruduk, udah gitu ada bis kota yang ngambil jalur seenak jidat supirnya (mentang-mentang gede), belum lagi mobil-mobil yang ngasih lampu sign sambil belok, bukan sebelum belok. Haduuu... Sabar... sabar...

Akhirnya tiba juga di lokasi dan saya langsung telepon si penjual oli. Lho?! Koq kata si mbak komputer nomor yang saya pencet belum lengkap ya? Apa saya salah nomer? Saya coba sms ke mas Tok minta dikirimin nomer si penjual. Oalah... ternyata kurang satu angka. Ya begini deh kalo punya hape keypad nol-nya sudah agak rusak. Ada yang mau nyumbang hape baru ke saya? :D Saya coba nomer yang dari mas Tok dan langsung bisa terhubung. Rupanya, yang bersangkutan sudah menunggu di kantornya. Duit sudah di dompet, barang sudah menunggu. Tunggu apa lagi?

Kami pun bertransaksi di ruang meeting. Gaya bener ya? Hehehe... Sambil bertransaksi kami ngobrol ngalor-ngidul soal motor dan soal oli ini. Lalu si penjual minta saya untuk kasih review di blog saya. Si kang Ayang juga request review satu artikel, gak pake vetsin, gak pake lama, gak pake salah. Iya lah, saya ngutang review ke kang Ayang karena dia sudah mau ngalah antrian oli. :D

Jam di arloji saya menunjukkan pukul 1 siang. Saya pun pamit dan segera kembali ke kantor. Kondisi jalanan sudah tidak seperti waktu berangkat tadi sih... sekarang lebih parah. EDAN!!! Kalo kata teman saya sih, "Gila! Jakarta aja panasnya kayak begini. Gimana di neraka ya?" Macetnya pun tambah parah karena sepertinya sedang ada demonstrasi di kantor kepolisian. Entah apa yang didemo itu, yang jelas sih bikin macet. Sampai di kantor, baju saya basah kuyup. Karena saya lagi banyak kerjaan hari itu, akhirnya saya putuskan untuk mengganti olinya besok saja. Biar lebih konsen gitu.


--- satu hari berlalu karena batuk saya tambah parah dan harus istirahat di rumah ---


Hari ini, saya baru masuk kantor lagi. Saya iseng tanya ke OB di kantor:
Gorboman: "Pak Warno, punya wadah buat nampung oli gak?"
Pak Warno: "Ada. Mau ganti oli, mas? Sini, oli bekasnya buat saya."
G: "Boleh aja sih, pak. Tapi oli bekasnya mau buat apa?"
PW: "Mau saya pake buat ngelumasin pagar. Lumayan kan daripada harus beli pelumas lagi."
G: "Oh... Oke, pak."

Bagus juga pemikiran si pak Warno, recycling di saat orang-orang yang lebih mampu malah lebih cenderung merusak lingkungan. Lalu pak Warno ngebantu saya untuk ngosongin oli di mesin. Karena nggak ada kompresor angin, akhirnya motor saya dibiarkan mengucurkan oli selama beberapa jam. Oli Red Line dari dalam mesin sudah berwarna hitam pekat, tapi belum kental tuh. Berarti laporan teman saya yang baru ganti Red Line untuk kedua kalinya
, si Nindho, kondisi oli sisanya sama dengan oli sisa di motor saya. Prediksi saya, si Red Line masih bisa tahan dipakai hingga ganti oli bergeser ke bulan Februari. Untuk kondisi pemakaian ringan, si oli bisa tahan hampir 5 bulan tuh kalo begitu. Hebat euy full synthetic itu ternyata! Si motor terpaksa saya tinggal sebentar karena saya harus presentasi ke client. Pak Warno sudah siap memperhatikan si motor.

Sepulang dari client, tutup oli motor saya sudah terpasang rapi. Lalu saya langsung menyiapkan si botol oli dan juga membuat corong darurat dari cover majalah. Sewaktu saya buka tutup si oli ini, segelnya masih bagus. Lalu saya iseng cium baunya, koq nggak seperti oli kebanyakan ya? Mungkin ini yang dibilang oli full synthetic. Tapi seingat saya, baunya beda dengan oli Red Line yang punya bau seperti halnya oli lainnya. AMSOil ini baunya sedikit mirip bau karet. Tapi ya sudah lah... Emangnya mau dibikin deodorant? Bisa protes nanti bulu ketek saya. Hahaha!

Corong darurat sudah pada tempatnya dan saya pun siap menuangkan AMSOil ini ke dalam mesin. Si botol mengklaim bahwa isinya l.k. 1 liter, tapi di indikator terlihat isinya di antara 0,9 - 1 liter. Gak masalah juga sih, toh Vario olinya cuma butuh 0,7 liter. Tutupnya masih tersegel rapat. Saat dituang, warnanya ringan dan keemasan, mirip dengan warna Red Line. Saya masukkan si oli hingga sisa di botol menunjukkan l.k. 0,2 liter. Cukup lah... Saya intip ke lubang oli, permukaan oli sudah terlihat. Lalu saya coba celup dan indikatornya memperlihatkan oli sudah cukup tercelup.

Saya tutup lagi dan saya coba kick start dalam kondisi mesin mati beberapa kali supaya oli bisa naik ke ruang piston. Di sini ada satu gejala aneh dan bikin bulu kuduk berdiri. Sewaktu selah dilepas, ada suara seperti besi bergesek. Terus terang saya ngeri setengah mampus. Saya coba selah lagi, begitu diangkat bersuara lagi. "Waduh! Kenapa nih?!" Saya coba selah lagi pelan-pelan pakai tangan, untuk mencari asal suara. Ternyata bunyi itu berasal dari bagian depan CVT. "Wasrong nih... wasrong???" Teman-teman saya juga bingung, tapi mereka mencoba mengambil hipotesa bahwa suara itu adalah karena ada debu yang bergesekan dengan besi. Tapi saya tau kalo itu bunyi besi bergesekan! Saya cuma berdoa, "Mudah-mudahan bukan pistonnya." Lalu dengan sedikit nekat, saya nyalakan mesin dengan menggunakan electric starter.

Ckit - ckit - CLETAK! (khas Vario banget yak? :D )
BRUM...!!! Grrrrrrr....

Tidak ada suara besi bergesekan lagi. Suara mesin pun halus. Lalu saya nekat buka gasnya sedikit. BRUUMMM!!! Tidak ada suara besi bergesekan. Harusnya aman. Mesin pun saya matikan dan saya buka kembali kontaknya. Saya tarik tuas rem belakang dan dengan membaca bismillah, saya selah kick starternya.


Badan saya jadi dingin...


Adrenalin menjalar ke seluruh tubuh...


Jantung saya berdebar...


Deg deg...


Deg deg...


Deg HAJAR JAHANAM!!!


Saya injak kick starternya.




"Lho?! Koq jadi enteng banget??? Gak normal nih", tapi saya nyengir.

Kick starter terasa sangat-sangat enteng. Nyaris tanpa usaha dan mesin pun menyala dengan lancar. Tidak ada lagi suara besi bergesekan. Suara besi itu masih jadi misteri buat saya, mungkin nanti akan ada pencerahan dari para pembaca artikel ini. Yang penting sekarang motor saya sudah ganti oli. Senangnya... :D


Ya, segini dulu review part 1-nya. Nanti saya sambung lagi setelah terasa khasiatnya. Tetaplah di blog kesayangan Anda, skutergorbo.blogspot.com!

7 comments:

  1. sepppp..!!! Saia masih waiting list ama genk ijo yang belum kebagian. Jadi tambah kepengen buat segera ganti oli ini. Nice review... bacanya kek pelem horor with nice ending. :P
    Ditunggu review selanjutnya... feelingnya, mesinnya, keteknya... halah.....
    One again... well done!!! ada resmi menggunakan amsoil...

    ReplyDelete
  2. saya jadi merasa tersanjung, padahal kalah suit, hehe...
    gelo... panjangan ceritana ketimbang repiuna, bikin ane makin greget & penasaran ajah yeuh... :D

    ReplyDelete
  3. kayak pilem horor .... sampe dag-dig-dug bacanya, hehehe.... seru om gorbo ! cakep !

    kalo boleh usul, mendingan gak usah pake kick stater. engine on, langsung stater saja. pernah baca di mana gitu, konon prosedur kick stater itu malah merusak. bandingkan dengan kondisi engine on, pompa oli langsung bekerja melumasi.

    'ta tunggu ya review berikutnya di blog kesayangan genk ijo ini (skutergorbo), hehehe.

    ReplyDelete
  4. wuih.....deg..deg....plash gini batjanye om gorbo.......
    akirnye dapet tambahan repiew baru lagi.......
    iye om gorbo kenapa di kick starter? ane malah setelah ngisi oli baru langsung di elektrik starter dengan alasan sama dengan om tok bilang, dan gak pernah pake angin kompresor :D.
    selamat ye....selamat buat repiew nye.

    ReplyDelete
  5. dag dig dug pisang rebus...
    serem juga nih pake acara bunyi decit begitu. keep watching ya Aria, soalnya bakal banyak kejadian aneh sejak pakai oli ini.

    ReplyDelete
  6. pa kabar bro aria, plis japri gw dong contact person sales olinya, gw jadi penasaran pgn nyobain nih...

    thanks

    bennyps aka darsonosu
    www.spinner-community.org
    darsonosu@yahoo.com

    ReplyDelete
  7. @ bourne:
    Ketek saya bilang, "Terima kasih kembali." Hehehe...

    @ kang Ayank:
    Kalo kata lagunya Benyamin S mah, jangan sampe menesel ya, om Ay. Kekekekek....

    @ mas Tok:
    Review berikutnya udah online tuh. ;)

    @ om BGO:
    Kenapa di kick starter? Karena saya amatir. Wakakakakakakak!

    @ mas Ai:
    Dag dig dug pisang rebus, kena serudug sama wedhus. *apa sih?!*
    Alhamdulillah nggak ada masalah apa-apa setelah beberapa hari ini. Silaken baca review selanjutnya. :D

    @ mas Benny:
    Begini aja, mas Ben... Tolong dicatetin aja di comment ini spesifikasi oli untuk Spinnya. Jadi bisa ikut daftar antrian. Mudah-mudahan makin banyak yang antri, makin cepat juga barangnya datang. Soal harga saya belum tau, soalnya saya dikasih tau AMSOil untuk mesin dan untuk motor itu beda harganya. Nah, nanti kalo barangnya udah ada, pasti dikabarin.

    ReplyDelete