Monday, July 9, 2007

Vario dan Broquet

Kopdar kemarin, Vario saya menjadi salah satu kelinci percobaan aplikasi Broquet. Sebetulnya saya ragu, tapi si sales meyakinkan saya bahwa dia sudah test di HVC dan berhasil. So, saya pikir, "Why not?"

Biar nggak kelamaan, langsung aja saya review:

Uji coba 1:
Broquet dipasang sedemikian rupa. Saya lakukan test ride di Arteri Permata Hijau. Hasilnya: Ga ada bedanya. Semua peningkatan performa masih tetap berasal dari parts CVT, terutama HC.

Begitu kembali ke parkiran dan saya laporkan ga ada peningkatan, si sales nampak penasaran dan meminta saya untuk membiarkan dulu selama 5 - 10 menit.

Uji coba 2:
... sama aja tuh. Kesimpulan saya, Broquet tidak menghasilkan apa2 alias gagal total dalam memberikan performa tambahan. Si sales pun terpaksa manyun dan undur diri dari arena kopdar.

---

Keesokan harinya, ada kejadian aneh. Vario saya mengalami loss power, padahal bukaan gas tetap stabil. Kalo saya tambah bukaannya, nggak ada power yg keluar. Suara kenalpot jadi berisik dan konsumsi bensin jadi boros sih iya. Bingung bercampur kesal memenuhi pikiran saya.

Saya coba konsultasi dengan beberapa orang yg saya anggap lebih berpengalaman ttg hal ini. Ada satu benang merah dari tanggapan mereka, yaitu dari bahan bakarnya. Spontan pikiran saya menuju ke uji coba broquet. Di kontrakan, saya coba melakukan bersih2 ringan di bagian air filter, busi, dan selang pernapasan bensin. Hasilnya tetep aja masih suka ngeden larinya si Vario. Malamnya saya pulang ke Bogor dengan penuh gerutu karena Vario saya nggak mau diajak lari. Positifnya, saya jadi nggak mikirin lamanya perjalanan, tau2 udah sampe rumah aja tuh. Hehehe...

Hari ini saya nggak ngantor karena alergi udara dingin saya kumat. Daripada bengang bengong di rumah gak ada kerjaan, akhirnya saya putuskan untuk membawa si Vario ke bengkel rujukan. Di sana saya minta semi general check up termasuk menyampaikan keluhan di Vario saya. Yang nggak dilakukan cuma ganti oli. Baru ganti Redline sayang banget, bok...

Ternyata benar aja, karburator saya kotornya minta ampun. Pak Pieter sang kepala bengkel pun ngasih tau sama saya, Vario jangan pernah dikasih macem2 di tangki bensinnya. "Pasti nanti tersumbat di karbunya!", kata beliau. Tangki bensin pun saya minta untuk dikuras. Seharian penuh si mekanik ngerjain motor saya sampe selesai. Tak lupa tips agak besar pun saya kasih ke dia.

Di perjalanan pulang ke rumah, saya nggak bisa ngetes dengan sepenuh hati. Namun kadang masih terasa gejala itu datang dan pergi, tapi nggak separah sebelumnya. Saya cuma berharap gejala ini cepat hilang dan Vario saya kembali normal.

7 comments:

  1. Aria, itu artinya katalis yang aria coba kemarin sedang bereaksi membersihkan fuel system. Hal ini mengakibatkan karbu aria menjadi sangat kotor, itu sangat wajar.

    Jika semuanya sudah bersih, maka hasilnya akan sangat berbeda. Silahkan diuji kembali.

    Btw, sang sales akan hadir lagi hari jumat ini, sebaiknya aria test lagi. Sebab pengujian tidak bisa dilakukan hanya 1 kali bukan?

    Bukankah metode pengujian harus dilakukan secara berulang-ulang hingga mendapatkan hasil rata-rata.

    ReplyDelete
  2. hmm ... kemarin saat pulang ke 'rumah' ada sales yang menghampiri. kayaknya memang lagi gandrung sama komunitas bikers tuh. promosinya hebat juga sih, sampai bawa-bawa nama klub / komunitas lain. tapi dasar badak semua, kita mah percaya nggak percaya. hahaha ... dah bosen sama yang begituan.

    ReplyDelete
  3. @ mas Ai:
    Wah, kayaknya nggak deh. Kecuali si sales bisa kasih garansi Vario saya bisa kembali normal seperti sebelum ditest broquet, baru deh saya mau.

    @ mas Tok:
    Kemarin itu memang ada unsur kesalahan saya jg yg gak konsultasi dulu sama teman saya di AHASS rujukan. Lain kali sih yg urusannya nyemplungin macem2 ke tangki harus saya pikir dulu 1000x. :)

    ReplyDelete
  4. kebetulan pas kemarin 'pulang ke rumah', ada suhu saya yang juga tahu soal promosi begitu. ada teman yang tanya ke dia, jawabnya pendek : pabrikan sih nggak recommend. teman saya pun ngeloyor pergi.

    saya sempat diskusi juga bareng brother lain. kesimpulan kita sama, jika ada teknologi sedemikian hebat hanya dengan harga 200 ribu rupiah - tentu sudah dipasang oleh AHM di Honda Karisma yang harganya jutaan rupiah.

    suhu saya bilang lagi, kalo betul itu teknologi sedemikian hebat, artinya insinyur jepang pada tolol semuanya. hehehe. alhasil, tak satupun yang mau beli tuh broket. yang ada, teman yang kebetulan test, broketnya ketinggalan di dalam tangkinya. salesnya pucat, jadi tuh broket contoh belum bisa dicabut.

    teman saya sempat mengalami gangguan juga keesokan harinyal. motor susah langsam dan berlaku agak aneh. tapi so far baik-baik saja. nanti deh saya tanya dia lagi kelanjutannya. tapi dia sempat mentioned, kalo menurutnya pakai broket nggak ada hasilnya dan gak enak.

    ReplyDelete
  5. Hahaha! Saya rasa memang informasi dari si sales ini kurang lengkap, apalagi ini sesi uji coba. Seharusnya "kelinci percobaan" diberikan informasi sebanyak2nya, bukan hanya mengenai hasil yg diharapkan, tapi juga mengenai prosesnya.

    Mana saya tau kan kalo si katalis itu juga membersihkan tangki? Untung mas Ai ngasih tau di comment ini, jadinya saya nggak terlalu bingung. Hehehe...

    (awalnya sih urat udah nongol2 di pelipis kayak kabel mau konslet. hahaha!)

    ReplyDelete
  6. cacang aria, paman udh lepas varionya..skrg pake skywave

    ReplyDelete
  7. Saya pake di JupiterZ, karimun, dan Innova no Problem tuh BOSS... Malah BBMnya lebih irit n Tarikannya lebih enteng..

    Waktu itu emang Sales yang nawarin ke saya bilang gini. Untuk motornya, klo bisa setelah 2minggu pemakaian Broquet ini. Motor dilakukan servis ringan dan mengganti oli mesin agar kerja Broquet bener" All Out BOSS. Y uda setelah 2minggu pake Broquet ini, langsung saya ganti aja oli mesin n servis ringan (cuci karbu). Setelah selesai emang bener sih BOSS, tarikan motor saya jadi jauh lebih enteng di banding sama motor yang baru di servis tanpa penggunaan Broquet. Broquet ini memang unik BOSS, dia itu membersihkan kerak karbon jadi bikin ruang mesin motor kita bersih selalu.... Bravo Broquet

    ReplyDelete