Thursday, July 19, 2007

[Intermezzo] Ini Kandang Kita

by Aria Gorba Hamdani also posted at my Multiply page
Hari itu gw dan orang2 kantor gw pergi ke Senayan untuk nonton pertandingan bola AFC antara Indonesia melawan Korea Selatan. Di kantong cuma ada duit 35 ribu, KTP dan hape GSM gw. Mobil diparkir di Lapangan Tembak, udah gitu berangkatlah kita jalan kaki ke stadion. Sepanjang jalan para pendukung Indonesia terlihat berjalan dan seolah bergerombol. Lucunya, boss2 gw yg keturunan China sempet disangka pendukung Korea. Padahal jelas2 mereka pada pake kaos pendukung dengan tulisan INDONESIA gede di dada. Hahaha!
Pak Mus (supir kantor) jadi penunjuk jalan. Kita masuk dari pintu besar yg kanan di Parkir Timur. Dari awal masuk aja, penjagaannya udah ketat. Sampe2 banyak tentara yg disiapin bawa senapan AK (kayaknya tipe 101). Di beberapa titik, tiket harus dikasih lihat ke yg jaga. Begitu mendekat ke stadion, sorak sorai penonton di dalam udah mulai kedengeran. Gila! Begidik gw ngedengernya. Suasana senang dan antusias campur aduk di hati gw. Pas banget! Petunjuk Gate XII berwarna merah tepat di depan mata. Setelah nanya sama official, kita dikasih tunjuk pintu masuknya di section 22C Lower. Di titik ini banyak korek api yg disita, tapi koq punya gw nggak diambil ya sama pak polisi yg meriksa? Selain korek, segala macem bentuk minuman yg dikemas nggak boleh dibawa masuk. Boleh sih, tapi isinya doang. Panitia udah nyiapin kantong plastik dan sedotan. Wah, hebat juga masih mikirin penonton yg nggak rela ngeluarin duit 10 ribu buat beli segelas kecil Coca Cola. Sewaktu kita masuk ke arah area tempat duduk, suasana langsung terasa beda...
"Gila! Deket banget sama lapangan!!" Tau2 ada yg manggil nama gw. Pas gw nengok, eh ternyata si Ian, sepupunya pacar gw. Daerah tempat duduk dia enak, agak tinggi di atas dan gampang cabut kalo ada apa2. Gw kebagian duduk di kursi deret O nomer 9, lebih dekat ke lapangan sekaligus bikin leher pegal, soalnya gw harus banyak nengok ke arah serong kiri di mana titik tengah lapangan berada. Udah gitu giant screen yg di sebelah kanan gw mati entah kenapa. Sial, jadi lebih banyak lagi nengok ke kirinya kalo begini sih.

Stadion Senayan dipenuhi warna merah dan putih. Sebenernya sayang sih... lebih baik kalo dari panitia bisa kompakan nyuruh supporter pake seragam (minimal kaos lah) warna hijau yg senada dengan kaos Timnas. Sambil menunggu, penonton yg ada di tribun semua bikin yell-yell dan nyanyiin anthem yg entah gimana liriknya itu. Wow! Rame banget sampe2 tribun keliatan penuh dan padat. Banyak spanduk2 yg dipajang oleh penonton, mulai dari yg sifatnya mendukung Timnas sampai yg sedikit nggak nyambung (bendera kesebelasan dibawa2). Tapi ada satu banner yg menarik perhatian kita, tulisannya:
"PERSETAN JAMBOREE SUPPORTER. DUKUNG TIMNAS KITA. PANGGILAN JIWA."
Wow! Sampe segitunya mereka. Pantesan heboh banget penonton di area itu.

Ada hal yg unik buat gw selain kehadiran Pak SBY dan Ibu Ani di stadion. Di giant screen diputerin berbagai iklan sponsor. Yg unik bukan itu sih... itu mah basi lah. Mana penataan sound systemnya jelek banget dan gak klop sama arsitektur stadion, bikin suara jadi muter nggak karuan. Yg unik justru teaser AFC group D yg ditayangin di giant screen. Di teaser itu dikasih liat kapten2 kesebelasan 4 negara di group D sekaligus ada highlight pertandingan. Lalu gw ngeliat ada satu wajah Indonesia yg cukup diblow up, yaitu wajah sang kapten: Ponaryo. Keren banget eksekusi bumpernya, sampe2 image "katrok" yg sering terlintas di benak gw tiap ngedengar "sepak bola Indonesia" langsung sirna. Ada sih satu scene waktu Ponaryo bergaya kayak lagi ngebenerin rambut ala pria Brisk. Ah! Sh*t lah, genk! Gak penting banget deh scene itu, tapi akhirnya gw geli sendiri juga sampe ketawa bareng temen2 kantor gw gara2 scene itu.

Tiba2 penonton bersorak "BOOOO!!!" Ternyata kesebelasan Korea Selatan udah memasuki lapangan untuk pemanasan dulu. Sambil ikut nge-boo-in, gw perhatiin pemain2 Korea keliatan udah siap banget secara fisik dan mental. Sesi pemanasan mereka pun nggak lama dan mereka lebih banyak latihan gocek2an dan oper2an. Percaya deh, ngopernya niat2 semua alias kencang2 nendangnya. Udah gitu ngegoceknya beneran pake power seolah2 itu sparing partnernya emang musuh dia beneran. Hebatnya lagi, bisa gw bilang 90% operan mereka itu tepat sasaran. Wow! Timnas kita kayak apa ya?

Ketika Timnas memasuki lapangan, penonton pun bersorak girang seolah superhero mereka telah datang untuk menyelamatkan dunia. Sambil mengingat apa yg dilakuin sama tim Korsel di saat pemanasan, gw merhatiin juga Timnas kita untuk perbandingan. Ternyata... Waduh! Koq basic2 banget pemanasannya dan kelamaan banget. Mana latihan oper2annya? Mana latihan gocek2annya? Koq gak ada?? Apa gw kelewat ya?? Masa cuma gw doang yg ngeliat?? Yg lain kenapa masih sorak2 aja sih?? Mulai was-was deh gw...
Nggak kerasa waktu berlalu, seremonial pembukaan pertandingan pun dimulai. Seremonialnya biasa banget, tapi mungkin udah dibikin standarisasi kayak gitu. Ya udah... lanjut! Kedua team memasuki lapangan. Pertama lagu kebangsaan Korea Selatan dinyanyikan. Para atlitnya udah kayak tentara waktu lagu kebangsaan dikumandangkan. Berdiri tegak, tangan kanan menyilang dan telapaknya diletakkan di dada kiri, posisi berdiri agak menyerong ke arah kiri. Rapi sekali,keliatan banget negara yg penuh disiplin. Setelah itu dikumandangkanlah lagu Indonesia Raya. Bisa gw bilang 99% isi stadion nyanyi bareng2! Merinding banget! Gw sempat ngerekam prosesinya, silakan dilihat di bagian video dari page MP gw; atau untuk versi YouTube-nya bisa dilihat di sini: http://youtube.com/watch?v=iu1tL2grl1o

Sayangnya hape gw lowbat jadi gak sempat ngerekam lebih banyak lagi. Singkat cerita, menurut gw permainan Timnas menurun banget. Back yg nggak konsen, terlalu nafsu sampe sering kepeleset, main bola tinggi terus padahal udah tau lawan badannya lebih tinggi, sering ngebuang bola ke daerah yang cuma ada lawan doang, ngejar bola paling niat cuma 1x sepanjang pertandingan (dan terbukti bisa terkejar), dan emosiannya itu lho... Wuih! Stress level tingkat tinggi. Menurut gw beban mental itu berasal dari diri mereka sendiri, bukan dari lawan. Soalnya lawannya cemen... Dikit2 jatuh udah gitu guling2. Ditambah wasit2 yg lebih goblok dari sebelumnya. Gak fair dan telmi. Ah ngeselin deh pokoknya! Gw paling suka sama wasit dari Jepang waktu Indonesia vs Bahrain. Fair banget dan matanya jeli abis (dua2 team diperlakuin adil). Separah2nya permainan Timnas hari itu, tetap gw bangga koq dan gw menantikan bisa nonton langsung lagi untuk ngedukung mereka.

Gw jelas2 salut adalah sama Bambang Pamungkas. Biarpun kalah, tapi dia keliatan bisa berbesar hati dan selalu mengangkat rekan2 timnya supaya nggak terlalu down. Tuh! Hasil jempolan main dan berlatih di Eropa. Pulang2 ke sini nggak belagu. Patut dicontoh! Yang kedua gw salut sama kipernya, Markus, si botak nomer 23 (udah kayak Jordan aja. hahaha!) yg sering banget terpaksa pasang badan dalam arti sebenarnya untuk nyelamatin gawang. Terbukti efektif, sebab gol satu2nya dari lawan berasal dari kekalutan pemain Timnas di depan gawang sendiri. Akhirnya gol deh... 0 - 1 buat Korsel.

All and all, gw sedih tapi gw tetap kasih selamat buat Korsel atas kemenangannya. Masih banyak kesempatan menanti di depan untuk "rematch". Dan ketika saat itu datang, Timnas pasti gw dukung!

INDONESIA!!! *boom boom... boom... boom boom...* INDONESIA!!! *boom boom... boom... boom boom...* INDONESIA!!! *boom boom... boom... boom boom...*


___

Moral of the story:

1. Lain kali ke Senayan rame2 gitu mending bawa air minum sama rokok (kalo ngerokok) yg banyak. Air minumnya diplastikin jg gpp deh daripada keluar ceban buat soft drink seemprit.

2. Udah gitu mobil parkirnya jangan jauh2 biar gak capek jalannya.

3. Bawa alat dokumentasi yg lebih memadai, atau kalo dalam bahasa masa kininya biasa disebut dengan mumpuni.

4. Dan yg paling penting posisi menentukan prestasi: pilih tempat duduk yg gak bikin leher pegal2!

5. Lain kali kalo mau bikin review jangan sok kepanjangan, ntar males sendiri ngetiknya. Wakakakak!

No comments:

Post a Comment