Tuesday, January 5, 2010

Saya Butuh Saran

Sedikit prakata dari Gorboman:

Sudah sekian lama gak nulis, apa salahnya sekali2 berbagi sesuatu sama pembaca blog saya ini.

Beberapa waktu belakangan di blog ini dan di berbagai kesempatan ketemu di darat, kerap orang menanyakan mengenai peningkatan performa Vario ke saya. Jujur saya bingung dengan berbagai istilah yang ditanyakan dan didiskusikan. Sepertinya ada salah persepsi di sini. Blog ini saya tulis hanya untuk berbagi cerita, eksperimen, dsb. dari seorang pengguna biasa. Ya. Saya pengguna biasa, bukan seorang ahli mengenai mesin, modifikasi, atau apa pun.

Sebagai pengguna biasa, tentunya saya punya berbagai pengalaman yang ingin saya bagi di blog ini dengan Anda. Sama halnya seperti Anda yang berbagi dengan teman-teman Anda saat sedang berkumpul santai. Kali ini, lagi2 saya ingin berbagi mengenai pengalaman performa Vario. Namun dalam scoop yang lebih santai, dengan sudut pandang pengguna harian yang lumayan heavy duty setahun terakhir ini, seperti bikers lainnya di kota Jakarta yang macet banget ini.

Mari kita mulai.

Melihat perkembangan ilmu bikin Vario jadi ngacir selama 3 tahun belakangan ini betul-betul membuat saya kagum. Banyak sekali orang yang melakukan peningkatan performa Vario dengan bore up, ganti parts CVT, ganti roda 17", pretelin bodi, ganti kenalpot racing, dsb. Jadi kencangkah lari Vario mereka? Oh ya jelas lah! Mungkin Anda termasuk salah satu dari mereka atau setidaknya menginginkan Varionya bisa lari kencang.

Saya tidak. Paling nggak, hasrat ke arah sana sudah lama saya pendam. Sekarang saya cuma ingin nyaman, tapi Vario nggak culun2 amat juga kalo di jalanan. Ternyata bisa koq, Vario standard, meskipun sudah terhitung tua tapi masih menyenangkan buat lari2 kecil di kala jalanan sepi.
Gimana caranya?

Aha! Pasti oli!

Betul. Saya sudah 2 tahun belakangan ini pake oli 100% Full Synthetic, mereknya AMSOil dengan spek 10w-30. Senang rasanya ga usah ganti oli selama setahun. Bahkan buat dipake heavy duty pun ga masalah. Sayang sekali, oli ini diperkirakan bakal jadi barang langka. Gara2 harga dollar kemaren ga stabil, susah banget buat ekspor impor barang, apalagi kalo partai kecil.

Kebetulan tanggal 22 nanti, masa berlaku oli di Vario saya habis. Sudah waktunya harus saya ganti. Karena saya udah jadi orang kuper di dunia performa Vario, boleh kiranya saya mohon dikasih masukan:

Oli merek apa yang bagus? Harganya berapa satu pint-nya? Dan belinya di mana?

Hehehe... Terima kasih. :)

3 comments:

  1. pake federal oil supermatic-R yg 10w-30 dah full synthetic juga tuh. per botolnya 125rb. katanya ada di BRT

    ReplyDelete
  2. full synth atau 100% synth, om af? gimmick marketing suka bikin kecele soalnya. huhuhu...

    BRT itu apaan ya?

    ReplyDelete
  3. masih aktif pake varionya bro? AMS oil masih ada yg jual kok, di bro JIMMY, lokasi bandung, HP no :0855 2333 333
    coba aja, katanya bulan mei ini dtg yg seri MCF,
    ko sekarang jarang share lagi ttg vario?
    kalo masih suka share & bagi2 info ttg vario maen2 lah kesini :
    http://www.kaskus.us/showthread.php?t=4400952

    ReplyDelete